70 Ayat Alkitab Tentang Ketaatan pada Tuhan

Kristenly.com – Semua umat Kristen percaya pasti melakukan ibadah sebagai bentuk penyembahan, doa-doa, pengakuan dosa, dan lainnya. Inilah menunjukkan rasa tunduk kepada Tuhan Yesus. Seperti dalam ayat Alkitab tentang ketaatan, maka jadilah hamba paling patuh akan semua perintahNya.

Menunjukkan ketaatan kepada Tuhan Yesus tidak hanya dalam ibadah saja. Dengan melihat sejumlah ayat Alkitab tentang taat, maka bisa merenungkan sejumlah perilaku baik serta berbagai bentuk pemeliharaan batin tetap suci lainnya.

Dalam beribadah, setiap umat Kristen menunjukkan rasa hormat serta penghambaan paling tinggi di hadapan Tuhan. Ketika berdoa, juga memanjatkan sejumlah perasaan sehingga tumpah. Semuanya merupakan bentuk ketaatan.

Taat kepada Tuhan juga sangat penting dalam menjalankan segala perintah kebaikan yang berkaitan dengan Allah maupun sesama manusia. Dengan berbagai kekurangan dan dosa dalam diri, ketaatan tidak boleh luntur.

Baca juga: 65 Ayat Alkitab Tentang Kepercayaan Kepada Tuhan Yesus

Ketaatan Sumber Keberkahan Bagi Umat

ketaatan sumber berkah
Sumber gambar: pexels.com

Anda harus tahu jika Tuhan akan akan memberikan keberkahan pada umat-Nya yang taat. Maka, jika ingin berkat yang besar, menjaga ketaatan pada Tuhan adalah cara terbaik yang bisa dilakukan. Seseorang akan mendapatkan berkat yang besar dari Tuhan, jika selama hidupnya mampu berjalan sesuai kehadirat Tuhan.

Selalu berdoa kepada-Nya jika menemui kesulitan, tidak hentinya mengucapkan syukur ketika menemui kemudahan dan berkat. Pada hakikatnya, tugas manusia adalah berdoa kepada Tuhan, baik itu ketika menemukan situasi senang maupun sedih.

Walaupun berat beban hidup yang harus ditanggung, tak pantas bagi manusia untuk menyerah. Menyalahkan keadaan dan bahkan mau mengakhiri hidup. Hanya perlu berdoa, dan dibarengi dengan usaha. Setelah itu hanya berserah diri pada Tuhan, merupakan satu-satunya jalan terakhir ketika sudah mencoba segala cara.

Anda harus tahu, Tuhan tidak akan menyia-nyiakan umat-Nya yang mau berdoa. Berserah diri tentang jalan hidupnya pada Tuhan, Tuhan akan memberikan rencana lebih indah setelahnya. Bahkan sangat indah, melebihi apa yang sedang Anda inginkan.

Baca juga: 18 Ayat Alkitab Tentang Pengakuan Iman Rasuli

Cara Taat Terhadap Tuhan

cara taat terhadap tuhan
Sumber gambar: pexels.com

Cara untuk taat kepada Tuhan ada macam-macam. Oleh sebab itu, jangan menunda lagi untuk segera memupuk rasa ketaatan lebih besar terhadap Tuhan. Setidaknya hanya dengan cara itu, bisa dengan mudah memperoleh berkat dari-Nya. Ada sebuah firman Tuhan yang bisa dipergunakan sebagai acuan.

Firman tersebut berbunyi para umat Israel pun akan diberkati jika mematuhi hukum-hukum Tuhan, diantaranya adalah selalu hidup dengan berlandaskan ketaatan pada Tuhan. Mulai dari rajin beribadah kepada-Nya serta tidak menyembah berhala.

Penting di sini yaitu tidak menyembah berhala, sebab hingga sekarang masih saja ada kepercayaan lain yang ditemukan dan mengharuskan pengikutnya untuk menyembah berhala. Hal semacam ini sangat tidak boleh diikuti.

Menyembah berhala sama saja dengan menyekutukan Tuhan, Tuhan sama sekali tidak menyukainya. Menyembah berhala artinya tidak taat dengan Tuhan dan tidak akan lagi berkesempatan mendapatkan berkat dari-Nya.

Ketika engkau sudah mulai taat pada Tuhan, banyak berkat yang akan diterima. Seperti pada salah satu ayat Alkitab yang membahas tentang bagaimana seseorang diberikan berkat oleh Tuhan yaitu seperti menerima panen melimpah, kedamaian dalam hidup, hingga perlindungan binatang buas.

Tuhan akan menjanjikan tidak hanya berkat jasmani dan materi tapi juga berkat kedamaian dan kesejahteraan dalam hidup, bagi umat-Nya yang taat. Menjadi taat bukan hal yang sulit sebenarnya. Hanya saja, seseorang harus mengikuti aturan Tuhan.

Pada hakikatnya, Tuhan memang memberikan aturan untuk dilakukan para umat-Nya. Maka sebagai umat Tuhan, mari semua pegang teguh ketaatan terhadap-Nya. Dengan begitu, limpahan berkat yang besar akan diberikan oleh-Nya. Demi kehidupan yang sejahtera di dunia.

Baca juga: 11 Ayat Alkitab Tentang Kekekalan (Surga)

Ayat Alkitab Tentang Ketaatan dan Taat

ilustrasi taat ibadah pada tuhan
ilustrasi taat ibadah pada tuhan, sumber gambar: pexels.com

Dalam kehidupan seorang yang berkeyakinan akan adanya Tuhan, tentu memiliki sejumlah aturan-aturan atau perintah. Untuk lebih taat kepada Sang Bapa, ketahui sejumlah ayat Alkitab tentang ketaatan seperti berikut ini.

1. Yunus 2:9

“Tetapi aku, dengan ucapan syukur akan kupersembahkan korban kepada-Mu; apa yang kunazarkan akan kubayar. Keselamatan adalah dari TUHAN!”

2. 2 Petrus 1:10-11

“Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung. Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki Kerajaan kekal, yaitu Kerajaan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.”

3. Yohanes 15:16

“Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.”

4. Yohanes 14:23

“Jawab Yesus: ”Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.”

5. Yehezkiel 20:19-20

“Akulah TUHAN, Allahmu: Hiduplah menurut ketetapan-ketetapan-Ku dan lakukanlah peraturan-peraturan-Ku dengan setia, kuduskanlah hari-hari Sabat-Ku, sehingga itu menjadi peringatan di antara Aku dan kamu, supaya orang mengetahui bahwa Akulah TUHAN, Allahmu.”

6. Yehezkiel 18:21

“Tetapi jikalau orang fasik bertobat dari segala dosa yang dilakukannya dan berpegang pada segala ketetapan-Ku serta melakukan keadilan dan kebenaran, ia pasti hidup, ia tidak akan mati.”

7. Yehezkiel 12:28

“Oleh karena itu katakanlah kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Tidak satu pun dari firman-Ku akan ditunda-tunda. Apa yang Kufirmankan akan terjadi, demikianlah firman Tuhan ALLAH.”

8. Yakobus 4:7

Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!”

9. Yakobus 1:25

“Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya.”

10. Yakobus 1:22

“Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.”

Baca juga: 6 Ayat Alkitab Tentang Bahasa Roh yang Harus Dipahami

11. Wahyu 3:20

“Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.”

12. Ulangan 8:6

“Oleh sebab itu haruslah engkau berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan dengan takut akan Dia.”

13. Ulangan 6:17

“Haruslah kamu berpegang pada perintah, peringatan dan ketetapan TUHAN, Allahmu, yang diperintahkan-Nya kepadamu”

14. Filipi 2:6-8

“yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.”

15. Ulangan 5:29

“Kiranya hati mereka selalu begitu, yakni takut akan Daku dan berpegang pada segala perintah-Ku, supaya baik keadaan mereka dan anak-anak mereka untuk selama-lamanya!”

16. Ulangan 4:40

“Berpeganglah pada ketetapan dan perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, supaya baik keadaanmu dan keadaan anak-anakmu yang kemudian, dan supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk selamanya.”

17. Ulangan 4:2

“Janganlah kamu menambahi apa yang kuperintahkan kepadamu dan janganlah kamu menguranginya, dengan demikian kamu berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan kepadamu.”

18. Ulangan 28:1

“Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.”

19. Roma 8:14

“Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.”

20. Roma 5:19

“Jadi sama seperti oleh ketidaktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang semua orang menjadi orang benar.”

Baca juga: 40 Ayat Alkitab Tentang Panggilan Hidup Dalam Kristen

21. Roma 15:32

“agar aku yang dengan sukacita datang kepadamu oleh kehendak Allah, beroleh kesegaran bersama-sama dengan kamu.”

22. Roma 14:5

“Yang seorang menganggap hari yang satu lebih penting dari pada hari yang lain, tetapi yang lain menganggap semua hari sama saja. Hendaklah setiap orang benar-benar yakin dalam hatinya sendiri.”

23. Roma 13:1

“Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.”

24. Mazmur 68:6

“Bapa bagi anak yatim dan Pelindung bagi para janda, itulah Allah di kediaman-Nya yang kudus”

25. 1 Korintus 15:58

“Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.”

26. Mazmur 37:23

“TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya”

27. Mazmur 128:1

“Nyanyian ziarah. Berbahagialah setiap orang yang takut akan TUHAN, yang hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya!”

28. Mazmur 119:60

“Aku bersegera dan tidak berlambat-lambat untuk berpegang pada perintah-perintah-Mu.”

29. Matius 7:21

“Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.”

30. Matius 5:19

“Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.”

Baca juga: 10 Ayat Alkitab Tentang Takut Dengan Tuhan

31. Matius 5:13

“Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.”

32. Markus 16:15

“Lalu Ia berkata kepada mereka: ”Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.”

33. Markus 14:36

“Kata-Nya: ”Ya Abba, ya Bapa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu, ambillah cawan ini dari pada-Ku, tetapi janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki.”

34. Maleakhi 2:2

“Jika kamu tidak mendengarkan, dan jika kamu tidak memberi perhatian untuk menghormati nama-Ku, firman TUHAN semesta alam, maka Aku akan mengirimkan kutuk ke antaramu dan akan membuat berkat-berkatmu menjadi kutuk, dan Aku telah membuatnya menjadi kutuk, sebab kamu ini tidak memperhatikan.”

35. Lukas 9:23

“Kata-Nya kepada mereka semua: ”Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku.”

36. Lukas 6:27-28

“Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu; mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu.”

37. Lukas 12:48

“Tetapi barangsiapa tidak tahu akan kehendak tuannya dan melakukan apa yang harus mendatangkan pukulan, ia akan menerima sedikit pukulan. Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut.”

38. Lukas 10:27

“Jawab orang itu: ”Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”

39. Kisah Para Rasul 5:32

“Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu itu, kami dan Roh Kudus, yang dikaruniakan Allah kepada semua orang yang mentaati Dia.”

40. Kisah Para Rasul 2:42

“Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.”

Baca juga: 36 Ayat Alkitab Tentang Firman Tuhan yang Baik

41. Kisah Para Rasul 10:34-35

“Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya: ”Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang. Setiap orang dari bangsa mana pun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya.”

42. Keluaran 24:12

“TUHAN berfirman kepada Musa: ”Naiklah menghadap Aku, ke atas gunung, dan tinggallah di sana, maka Aku akan memberikan kepadamu loh batu, yakni hukum dan perintah, yang telah Kutuliskan untuk diajarkan kepada mereka.”

43. Keluaran 19:5

“Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi.”

44. Keluaran 15:26

“firman-Nya: ”Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan apa yang benar di mata-Nya, dan memasang telingamu kepada perintah-perintah-Nya dan tetap mengikuti segala ketetapan-Nya, maka Aku tidak akan menimpakan kepadamu penyakit mana pun, yang telah Kutimpakan kepada orang Mesir; sebab Aku TUHANlah yang menyembuhkan engkau.”

45. Galatia 1:10

“Jadi bagaimana sekarang: adakah kucari kesukaan manusia atau kesukaan Allah? Adakah kucoba berkenan kepada manusia? Sekiranya aku masih mau mencoba berkenan kepada manusia, maka aku bukanlah hamba Kristus.”

46. Ulangan 5:33

“Segenap jalan, yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, haruslah kamu jalani, supaya kamu hidup, dan baik keadaanmu serta lanjut umurmu di negeri yang akan kamu duduki.”

47. Imamat 22:31

“Dengan demikian kamu harus berpegang pada perintah-Ku dan melakukannya; Akulah TUHAN.”

48. Ibrani 5:9

“dan sesudah Ia mencapai kesempurnaan-Nya, Ia menjadi pokok keselamatan yang abadi bagi semua orang yang taat kepada-Nya”

49. Ibrani 4:11

“Karena itu baiklah kita berusaha untuk masuk ke dalam perhentian itu, supaya jangan seorang pun jatuh karena mengikuti contoh ketidaktaatan itu juga.”

50. Galatia 5:17

“Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging – karena keduanya bertentangan – sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.”

Baca juga: 10 Ayat Alkitab Tentang Kita Akan Dibangkitkan

51. Yosua 1:8

“Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.”

52. Mazmur 143:10

“Ajarlah aku melakukan kehendak-Mu, sebab Engkaulah Allahku! Kiranya Roh-Mu yang baik itu menuntun aku di tanah yang rata!”

53. Filipi 2:11

“dan segala lidah mengaku: ”Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!”

54. Bilangan 15:39

“Maka jumbai itu akan mengingatkan kamu, apabila kamu melihatnya, kepada segala perintah TUHAN, sehingga kamu melakukannya dan tidak lagi menuruti hatimu atau matamu sendiri, seperti biasa kamu perbuat dalam ketidaksetiaanmu terhadap TUHAN.”

55. Ayub 23:12

“Perintah dari bibir-Nya tidak kulanggar, dalam sanubariku kusimpan ucapan mulut-Nya.”

56. Amsal 6:20

“Hai anakku, peliharalah perintah ayahmu, dan janganlah menyia-nyiakan ajaran ibumu.”

57. Kejadian 26:4-5

“Aku akan membuat banyak keturunanmu seperti bintang di langit; Aku akan memberikan kepada keturunanmu seluruh negeri ini, dan oleh keturunanmu semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena Abraham telah mendengarkan firman-Ku dan memelihara kewajibannya kepada-Ku, yaitu segala perintah, ketetapan dan hukum-Ku.”

58. Amsal 4:5

“Perolehlah hikmat, perolehlah pengertian, jangan lupa, dan jangan menyimpang dari perkataan mulutku.”

59. Amsal 4:20-21

“Hai anakku, perhatikanlah perkataanku, arahkanlah telingamu kepada ucapanku; janganlah semuanya itu menjauh dari matamu, simpanlah itu di lubuk hatimu.”

60. Amsal 4:10

“Hai anakku, dengarkanlah dan terimalah perkataanku, supaya tahun hidupmu menjadi banyak.”

Baca juga: 10 Ayat Alkitab Tentang Pertolongan Tuhan dalam Kristen

61. Amsal 2:8

“sambil menjaga jalan keadilan, dan memelihara jalan orang-orang-Nya yang setia.”

62. Amsal 10:17

“Siapa mengindahkan didikan, menuju jalan kehidupan, tetapi siapa mengabaikan teguran, tersesat.”

63. 1 Yohanes 3:21-22

“Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau hati kita tidak menuduh kita, maka kita mempunyai keberanian percaya untuk mendekati Allah, dan apa saja yang kita minta, kita memperolehnya dari pada-Nya, karena kita menuruti segala perintah-Nya dan berbuat apa yang berkenan kepada-Nya.”

64. 1 Yohanes 2:17

“Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.”

65. 1 Timotius 4:8

“Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.”

66. 1 Raja-raja 2:3

“Lakukanlah kewajibanmu dengan setia terhadap TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya, dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan, perintah, peraturan dan ketentuan-Nya, seperti yang tertulis dalam hukum Musa, supaya engkau beruntung dalam segala yang kaulakukan dan dalam segala yang kautuju”

67. 1 Petrus 2:21

“Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristus pun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya.”

68. Roma 12:2

“Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.”

69. Yohanes 3:36

“Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya.”

70. Imamat 26:3-4

“Jikalau kamu hidup menurut ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada perintah-Ku serta melakukannya, maka Aku akan memberi kamu hujan pada masanya, sehingga tanah itu memberi hasilnya dan pohon-pohonan di ladangmu akan memberi buahnya.”

Baca juga: 75 Ayat Alkitab Tentang Perlindungan Tuhan Bagi Orang Percaya

Kesungguhan dalam menyembah Tuhan Yesus harus dilakukan dengan penuh ketaatan. Tidak hanya itu saja, dalam kehidupan sehari-hari harus menunjukkan rasa taat atau patuh akan segala perintah maupun larangan-Nya.

Hadirnya Tuhan dalam hati setiap umat Kristen percaya harus mampu menumbuhkan rasa taat. Semoga ayat Alkitab tentang ketaatan tersebut, dapat memberikan keimanan semakin meningkat sehingga kehidupan lebih damai.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!