49 Ayat Alkitab Tentang Paskah Bagi Umat Kristiani

Ayat Alkitab tentang paskah – Ibadah paskah yang dilakukan oleh umat Kristiani bertujuan untuk memperingati hari kelahiran Tuhan Yesus Kristus, dengan begitu pentingnya perayaan tersebut maka hamba Tuhan pun wajib merayakannya seperti ulasan pada ayat Alkitab tentang ibadah paskah menyembah.

Ibadah Paskah menjadi salah satu hari raya yang diperingati oleh umat Kristiani selain Natal dan lainnya, banyak dari mereka pun memilih untuk menyanyikan nyanyi-nyanyian dimana biasa dinyanyikan di gereja seperti saat ini.

Beberapa contohnya adalah doa pembuka ibadah serta pembacaan Alkitab dalam memperingati Misa atau biasa dikenal dengan hari kebangkiran Yesus, sementara ayat Alkitab pun juga ikut menjelaskan mengenai pentingnya perayaan hari tersebut khususnya mengenai kelahiran Tuhan Yesus.

Dengan memperingati hari kelahiran Tuhan Yesus Kristus menjadi salah satu kewajiban dari umat Kristiani. Tidak hanya meriah untuk merayakannya, namun ada beberapa makna di baliknya perlu dipahami sehingga mampu meningkatkan keimanan kepadaNya.

Baca juga: Kumpulan Lagu Rohani Kristen untuk Ibadah Paskah

Daftar Ayat Alkitab Tentang Paskah

ilustrasi Alkitab membahas paskah
ilustrasi Alkitab membahas paskah, sumber gambar: unsplash.com

ayat Alkitab tentang paskah menyembah berikut ini menjelaskan mengenai kisah kebangkitan Yesus dan peristiwa lain yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Namun beberapa diantaranya membahas tentang Paskah yakni Keluaran, Yohanes, Markus, Matius, Korintus dan Lukas.

1. 1 Korintus 15:3

Ayat 3 : “Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci”

Dalam ayat Alkitab 1 Korintus 15:3 menjelaskan mengenai pentingnya memperingati Hari Paskah. Bagi umat Kristiani tidak hanya untuk merayakannya saja namun juga ada beberapa makna dibaliknya harus dipahami terlebih mengenai perjuangan Yesus dalam menebus dosa seluruh manusia.

Mengapa Ibadah Paskah ini sangat penting? Ayat ini menyebutkan secara jelas mengenai hal tersebut dengan menjelaskan apa saja alasannya, Yesus Kristus memang mati demi menebus dosa seluruh umat manusia tanpa terkecuali seperti yang dijelaskan dalam Korintus 15:3.

2. Lukas 24:5

Ayat 5 : “Mereka sangat ketakutan dan menundukkan kepala, tetapi kedua orang itu berkata kepada mereka: “Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati?”

Yesus Kristus telah meninggal untuk seluruh umatNya dan dibangkitkan di antara orang mati, kuasa Bapa pun sudah dituntaskan hingga lebih besar dari segala apapun di dunia ini bahkan yang menyangkut mengenai kematian.

Tuhan Yesus sudah meninggal untuk manusia semuanya dan telah dibangkitkan, kisah ini menunjukkan bahwa Allah benar-benar menunjukkan kuasaNya baik bagi orang mati maupun hidup di seluruh dunia ini.

3. Markus 16:14

Ayat 14 : “Akhirnya Ia menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya.”

Ayat Alkitab Markus 16:14 dijelaskan bahwa kebangkitan Tuhan Yesus harus menjadi alasan ketika seseorang meningkatkan keimanan kepadaNya. Maka dari itu setelah melihatNya, orang-orang perlu percaya padaNya terutama sesudah dibangkitkan.

Dalam ayat ini dikatakan bahwa setiap umat manusia perlu beriman tanpa ingin mempunyai ketidakpercayaan di hatinya, melalui paskah ini bisa diperlihatkan bahwa iman akan kebangkitan Yesus dan kuasaNya harus dipercaya.

4. Matius 28:7

Ayat 7: “Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu.”

Dalam Matius 28:7 dijelaskan bahwa kebangkitan Yesus Kristus merupakan salah satu mukjizat yang nyata bagi seluruh muridnya, hal ini menjadi bukti bahwa Tuhan memang benar-benar memiliki kuasaNya sehingga patut dipercayai.

Setelah Yesus Kristus dibangkitkan, hal ini menjadi mukjizat paling besar dan terlihat nyata. Kejadian ini tentu mampu meningkatkan iman muridNya agar senantiasa beriman kepadaNya sekalipun umat Kristiani tidak pernah melihatnya secara langsung.

5. Yesaya 53:5

Ayat 5: “Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur bilurnya kita menjadi sembuh”.

Sebagai umat Kristiani memang sudah sepatutnya harus bersyukur atas kasih sayangNya, pasalnya keberkahan ini bisa memperoleh harapan kehidupan di dalam Dirinya. Dengan begitu, seluruh kejadian tersebut dapat dijadikan teladan bagi semua umatNya.

Sebenarnya kebangkitan Tuhan Yesus Kristus tersebut memang menggambarkan suatu kerendahan hati, dengan mempercayainya pun mampu menyembuhkan seluruh umat manusia dari penyakit dosa, bahkan juga dihindarkan dari perbuatan jahat.

6. Yohanes 20:9

Ayat 9 : “Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati.”

Sementara dalam Yohanes 20:9 dijelaskan bahwa banyak hal dalam kehidupan seseorang pun sebenarnya dapat dihubungkan dengan kebangkitan Tuhan Yesus, tentunya ada berbagai makna dibaliknya sehingga memiliki makna bagi seluruh hamba Tuhan.

Alkitab menunjukkan banyak hal yang ada di kehidupan orang-orang. Terutama jika berhubungan dengan janji Allah bahwa Tuhan Yesus Kristus akan bangkit diantara orang mati. Hal ini bahkan dijadikan sebagai pedoman sehingga diandalkan dan bahkan dapat terjadi di hidupnya.

7. Yohanes 20:17

Ayat 17 : “Kata Yesus kepadanya: “Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada BapaKu dan Bapamu, kepada AllahKu dan Allahmu.”

Sementara dalam Yohanes 20:17 menjelaskan bahwa betapa bersyukur dan bahagianya orang bersyukur ketika dirinya menyaksikan Tuhan Yesus telah dibangkitkan, mereka pun melihatnya sendiri sehingga menjadi bukti bahwa hal ini benar-benar terjadi.

Yesus yang dibangkitkan untuk naik ke Sorga akan ditujukan kepada Bapa, seluruh umat Kristiani pun akhirnya percaya tentang kemuliaanNya sebagai raja. Dirinya merupakan raja terbaik apabila dibandingkan di seluruh pemerintahan dunia.

8. Yohanes 20:29

Ayat 29: “Kata Yesus kepadanya: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”

Murid Yesus akan semakin percaya ketika momen kebangkitan Yesus. Dalam hal ini, Anda sebagai umat Kristiani sudah seharusnya melakukan hal yang serupa agar selalu mempercayai kejadian tersebut. Mengingat masih banyak orang meragukannya.

Tentu saja murid Yesus dahulu kala merasa sangat bahagia lantaran mempunyai Guru Agung yang begitu luar biasa, Anda pun sebenarnya bisa merasakan akan kebahagiaan tersebut jika benar-benar percaya.

9. Yohanes 20:31

Ayat 31 : “tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam namaNya.”

Semua kisah yang dialami oleh Tuhan Yesus sebenarnya telah dicatat secara lengkap di dalam ayat Alkitab, hal ini sebenarnya harus dipercayai akan kebenarannya sehingga penting bagi umat Kristiani selalu mempelajari di dalamnya.

Melalui ayat Alkitab sebenarnya Anda bisa meningkatkan kepercayaan kepadaNya, iman pun akan bertambah pada saat seseorang senantiasa rajin mempelajarinya. Tentu hal ini dapat dilakukan secara rutin demi memahami apa saja ajarannya.

10. Yohanes 20:21

Ayat 21 : “Maka kata Yesus sekali lagi: “Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.”

Yesus Kristus sebenarnya telah menjalankan tugasnya dengan sangat baik di muka bumi ini, Ia pun berhasil memberikan obat sekaligus kedamaian bagi para pendiam. Dalam hal ini, Dirinya meninggalkan jejak kepada siapa saja pengikutNya.

Tidak hanya berlaku di zaman itu saja namun juga berlaku di masa-masa sekarang, Anda pun bisa meyakini bahwa pertolongan Yesus benar-benar ada. KebesaranNya pun tak perlu diragukan lagi dalam menunjukkan kebesaranNya.

11. Bilangan 4:14

“Apabila seorang asing yang telah menetap padamu hendak merayakan paskah bagi Tuhan, maka haruslah ia merayakannya menurut segala ketetapan dan peraturan paskah. Satu ketetapan harus berlaku bagi kamu, baik bagi orang asing maupun bagi orang Israel asli.”

12. 2 Tawarikh 14:1

“Kemudian Yosia merayakan paskah bagi Tuhan di Yerusalem. Domba paskah disembelih pada tanggal empat belas bulan yang pertama.”

13. 2 Tawarikh 14:18

“Paskah semacam itu tidak pernah lagi dirayakan di Israel sejak nabi Samuel. Seorang pun di antara raja-raja orang Israel tidak pernah merayakan paskah seperti yang dirayakan Yosia dengan para imam dan orang-orang Lewi, dengan seluruh orang Yehuda dan Israel yang dapat hadir, dan dengan penduduk Yerusalem.”

14. Markus 41:12

“Pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi, pada waktu orang menyembelih domba paskah, murid-murid Yesus berkata kepada-Nya: “Ke tempat mana Engkau kehendaki kami pergi untuk mempersiapkan perjamuan paskah bagi-Mu?“

14. Yohanes 43:55

“Pada waktu itu hari raya paskah orang Yahudi sudah dekat dan banyak orang dari negeri itu berangkat ke Yerusalem untuk menyucikan diri sebelum paskah itu.”

15. Keluaran 2:11

“Dan beginilah kamu memakannya: pinggangmu berikat, kasut pada kakimu dan tongkat di tanganmu; buru-burulah kamu memakannya; itulah paskah bagi Tuhan.”

16. Keluaran 2:21

“Lalu Musa memanggil semua tua-tua Israel serta berkata kepada mereka: “Pergilah, ambillah kambing domba untuk kaummu dan sembelihlah anak domba paskah.“

17. Keluaran 2:27

“Maka haruslah kamu berkata: Itulah korban paskah bagi Tuhan yang melewati rumah-rumah orang Israel di Mesir, ketika Ia menulahi orang Mesir, tetapi menyelamatkan rumah rumah kita. Lalu berlututlah bangsa itu dan sujud menyembah.”

18. Keluaran 2:43

“Berfirmanlah Tuhan kepada Musa dan Harun: “Inilah ketetapan mengenai paskah: Tidak seorang pun dari bangsa asing boleh memakannya.“

19. Keluaran 2:46

“Paskah itu harus dimakan dalam satu rumah juga; tidak boleh kaubawa sedikit pun dari daging itu keluar rumah; satu tulang pun tidak boleh kamu patahkan.”

Baca juga: Contoh Doa Paskah Untuk Memperingati Kebangkitan Yesus

Ayat Alkitab Tentang paskah di Rumah dan Isinya

ayat Alkitab tentang paskah di rumah dan isinya
ayat Alkitab tentang paskah di rumah dan isinya, sumber gambar: pexels.com

Ibadah paskah yang dijalankan oleh setiap umat Kristiani memiliki tujuan untuk memperingati hari lahirnya Tuhan Yesus. Dengan begitu, perayaan ini penting bagi hamba Tuhan seperti ulasan dalam ayat Alkitab tentang paskah di rumah berikut ini.

1. Keluaran 2:48

“Tetapi apabila seorang asing telah menetap padamu dan mau merayakan paskah bagi Tuhan, maka setiap laki-laki yang bersama-sama dengan dia, wajiblah disunat; barulah ia boleh mendekat untuk merayakannya; ia akan dianggap sebagai orang asli. Tetapi tidak seorang pun yang tidak bersunat boleh memakannya.”

2. Keluaran 2:48

“Janganlah darah korban sembelihan yang kepada-Ku kaupersembahkan beserta sesuatu yang beragi, dan janganlah ada dari korban sembelihan pada hari raya paskah bermalam sampai pagi.”

3. Imamat 3:5

“Dalam bulan yang pertama, pada tanggal empat belas bulan itu, pada waktu senja, ada paskah bagi Tuhan.”

4. Bilangan 4:2

“Orang Israel harus merayakan paskah pada waktunya.”

5. Bilangan 4:4

“Lalu Musa menyuruh orang Israel merayakan paskah.”

6. Bilangan 4:5

“Maka mereka merayakan paskah pada bulan yang pertama, pada hari yang keempat belas bulan itu, pada waktu senja, di padang gurun Sinai; tepat seperti yang diperintahkan Tuhan kepada Musa, demikianlah dilakukan orang Israel.”

7. Bilangan 4:6

“Tetapi ada beberapa orang yang najis oleh karena mayat, sehingga tidak dapat merayakan paskah pada hari itu. Mereka datang menghadap Musa dan Harun pada hari itu juga.”

8. Bilangan 4:10

“Katakanlah kepada orang Israel: Apabila salah seorang di antara kamu atau keturunanmu najis oleh karena mayat, atau berada dalam perjalanan jauh, maka ia harus juga merayakan paskah bagi Tuhan.”

9. Bilangan 4:12

“Janganlah mereka meninggalkan sebagian dari padanya sampai pagi, dan satu tulang pun tidak boleh dipatahkan mereka. Menurut segala ketetapan paskah haruslah mereka merayakannya.”

10. Bilangan 4:13

“Sebaliknya orang yang tidak najis, dan tidak dalam perjalanan, tetapi lalai merayakan paskah, orang itu harus dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya, sebab ia tidak mempersembahkan persembahan yang kepada Tuhan pada waktunya; orang itu akan menanggung akibat dosanya.”

Baca juga: 150 Ucapan Selamat Paskah Kristen yang Menyentuh Hati

Ayat Alkitab Tentang paskah Untuk Anak Sekolah Minggu

ayat Alkitab tentang paskah untuk anak sekolah minggu
ayat Alkitab tentang paskah untuk anak sekolah minggu, sumber gambar: pexels.com

Ibadah paskah yang selalu dilakukan oleh umat Kristiani secara rutin bertujuan untuk memperingati kelahiran Tuhan Yesus Kristus, hal ini pun telah dijelaskan di dalam ayat Alkitab tentang paskah untuk anak sekolah Minggu agar senantiasa merayakannya dengan suka cita. Berikut ulasannya.

1. Bilangan 4:16

“Dalam bulan yang pertama, pada hari yang keempat belas bulan itu, ada paskah bagi Tuhan.”

2. Bilangan 4:3

“Mereka berangkat dari Rameses pada bulan yang pertama, pada hari yang kelima belas bulan yang pertama itu; pada hari sesudah paskah berjalanlah orang Israel keluar, oleh tangan yang dinaikkan, di depan mata semua orang Mesir.”

3. Ulangan 5:1

“Ingatlah akan bulan Abib dan rayakanlah paskah bagi Tuhan, Allahmu, sebab dalam bulan Abib itulah Tuhan, Allahmu, membawa engkau keluar dari Mesir pada waktu malam.”

4. Ulangan 5:2

“Maka engkau harus menyembelih kambing domba dan lembu sapi sebagai korban paskah bagi Tuhan, Allahmu, di tempat yang akan dipilih Tuhan untuk membuat nama-Nya diam di sana.”

5. Ulangan 5:5

“Engkau tidak boleh mempersembahkan korban paskah di salah satu tempat yang diberikan kepadamu oleh Tuhan, Allahmu.”

6. Ulangan 5:6

“Tetapi di tempat yang akan dipilih Tuhan, Allahmu, untuk membuat nama-Nya diam di sana, engkau harus mempersembahkan korban paskah itu pada waktu senja, ketika matahari terbenam, bertepatan dengan saat engkau keluar dari Mesir.”

7. Yosua 6:10

“Sementara berkemah di Gilgal, orang Israel itu merayakan paskah pada hari yang keempat belas bulan itu, pada waktu petang, di dataran Yerikho.”

8. Yosua 6:11

“Lalu pada hari sesudah paskah mereka makan hasil negeri itu, yakni roti yang tidak beragi dan bertih gandum, pada hari itu juga.”

9. 2 Raja-raja 12:21

“Kemudian raja memberi perintah kepada seluruh bangsa itu: “Rayakanlah paskah bagi Tuhan, Allahmu, seperti yang tertulis dalam kitab perjanjian ini!”

10. 2 Raja-raja 12:22

“Sebab tidak pernah lagi dirayakan paskah seperti itu sejak zaman para hakim yang memerintah atas Israel dan sepanjang zaman raja-raja Israel dan raja-raja Yehuda.”

Baca juga: Renungan Paskah Kuasa Kebangkitan Yesus Kristus

Ayat Alkitab Tentang Paskah dalam Bahasa Inggris

ayat Alkitab tentang paskah dalam bahasa inggris
ayat Alkitab tentang paskah dalam bahasa inggris, sumber gambar: pexels.com

Paskah dianggap sebagai hari raya penting bagi umat Kristiani selain natal maupun lainnya, banyak juga dari mereka pun akhirnya memilih untuk menyanyikan sebagai pujian kepada Tuhan Yesus. Tidak lupa juga menambah pemahaman dari ayat Alkitab tentang paskah dalam Bahasa Inggris berikut ini.

1. John 11:25-26

Jesus said to her, ‘I am the resurrection and the life. The one who believes in me will live, even though they die; and whoever lives by believing in me will never die. Do you believe this?’”

2. 1 Peter 1:3

Praise be to the God and Father of our Lord Jesus Christ! In his great mercy he has given us new birth into a living hope through the resurrection of Jesus Christ from the dead.

3. 1 Corinthians 15:21

For since death came through a man, the resurrection of the dead comes also through a man.

4. Philippians 3:10

I want to know Christ- yes, to know the power of his resurrection and participation in his sufferings, becoming like him in his death.

5. Acts 4:33

With great power the apostles continued to testify to the resurrection of the Lord Jesus. And God’s grace was so powerfully at work in them all.

6. Luke 24:6-7

He is not here; he has risen!

7. Romans 8:34

Who then is the one who condemns? No one.

8. Philippians 2:8

And being found in appearance as a man, he humbled himself by becoming obedient to death – even death on a cross!

9. 1 Corinthians 6:14

And God raised the Lord and will also raise us up by his power.

10. Romans 6:9

We know that Christ, being raised from the dead, will never die again; death no longer has dominion over him.


Itulah tadi beberapa ayat Alkitab tentang paskah menyembah yang menjelaskan mengenai ibadah paskah untuk disembah bagi seluruh umat manusia, tentunya hal ini perlu diperhatikan bagi seluruh hamba Tuhan Yesus karena harus mempercayainya.

Tidak hanya memperingati ibadah paskah saja melainkan juga memaknai apa saja yang ada di balik kisah tersebut, misalnya meningkatkan keimanan akan kelahiran dan juga kebangkitan Tuhan Yesus sebagai kisah terkenal dalam agama Kristen.

Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

error: Konten dilindungi !!