53 Ayat Alkitab Tentang Perceraian dan Perpisahan dalam Kristen

Kristenly.com – Tidak akan ada sisi positif dari sepasang suami istri yang memutuskan untuk berpisah dengan perceraian seperti halnya ayat Alkitab tentang perceraian dan perpisahan dalam Kristen, terutama jika mereka sudah dikaruniai oleh anak sehingga memiliki tanggung jawab lebih besar.

Jangan pernah merugikan anak ketika perceraian menjadi satu-satunya jalan yang dirasa terbaik untuk menyelesaikan suatu masalah, misalnya ketika sebagian diantara mereka hanya akan mendapatkan kasih sayang dari salah satu pihak saja seperti ayah atau ibu.

Sekalipun nantinya seorang anak akan mendapatkan orang tua baru namun tidak ada pepatah yang mengatakan orang tua lama, semua kewajiban tentunya harus dilakukan apabila benar-benar memutuskan untuk bercerai.

Perceraian pun mampu menimbulkan berbagai hal buruk seperti hubungan kekeluargaan renggang, mantan suami atau istri akan menjauh dan masih banyak lagi. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai pertimbangan sebelum benar-benar memutuskan untuk bercerai.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Patah Hati

Daftar Ayat Alkitab Tentang Perceraian

ilustrasi Alkitab membahas perceraian dan perpisahan
ilustrasi Alkitab membahas perceraian dan perpisahan, sumber gambar: unsplash.com

Bagi Anda yang memutuskan untuk bercerai, jangan lupa memperhatikan beberapa ayat Alkitab tentang perceraian dan perpisahan dalam Kristen berikut ini. Tentu saja ada beberapa hal perlu diperhatikan ketika memilih berpisah terutama kewajiban membesarkan anak.

1. Ayub 4:11

“Singa binasa karena kekurangan mangsa, dan anak-anak singa betina bercerai-berai.”

2. Markus 10:4

“Jawab mereka: “Musa memberi izin untuk menceraikannya dengan membuat surat cerai.”

3. Matius 5:31

“Telah difirmankan juga: Siapa yang menceraikan isterinya harus memberi surat cerai kepadanya.”

4. Mazmur 147:2

“TUHAN membangun Yerusalem, Ia mengumpulkan orang-orang Israel yang tercerai-berai;”

5. Mazmur 106:27

“dan untuk mencerai-beraika  anak cucu mereka ke antara bangsa-bangsa, dan menyerakkan mereka ke pelbagai negeri.”

6. Matius 19:7

“Kata mereka kepada-Nya: “Jika demikian, apakah sebabnya Musa memerintahkan untuk memberikan surat cerai jika orang menceraikan isterinya?”

7. Markus 10:9

“Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”

8. Lukas 16:18

“Setiap orang yang menceraikan isterinya, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah; dan barangsiapa kawin dengan perempuan yang diceraikan suaminya, ia berbuat zinah.”

9. Bilangan 30:9

“Mengenai nazar seorang janda atau seorang perempuan yang diceraikan, segala apa yang mengikat dirinya akan tetap berlaku baginya.”

10. Matius 5:32

“Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.”

Baca juga: Renungan Kristen Tentang Selingkuh

11. Matius 12:30

“Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan.”

12. Lukas 1:51

“Ia memperlihatkan kuasa-Nya dengan perbuatan tangan-Nya dan mencerai-beraikan orang-orang yang congkak hatinya;”

13. 1 Korintus 7:10-11

“Kepada orang-orang yang telah kawin aku-tidak, bukan aku, tetapi Tuhan-perintahkan, supaya seorang isteri tidak boleh menceraikan suaminya. Dan jikalau ia bercerai, ia harus tetap hidup tanpa suami atau berdamai dengan suaminya. Dan seorang suami tidak boleh menceraikan isterinya.“

14. Lukas 11:23

“Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan.”

15. Markus 10:11-12

“Lalu kata-Nya kepada mereka: “Barangsiapa menceraikan isterinya lalu kawin dengan perempuan lain, ia hidup dalam perzinahan terhadap isterinya itu. Dan jika si isteri menceraikan suaminya dan kawin dengan laki-laki lain, ia berbuat zinah.“

16. Yeremia 10:21

“Sungguh, gembala-gembala sudah menjadi bodoh, mereka tidak menanyakan petunjuk TUHAN. Sebab itu mereka tidak berbahagia dan seluruh binatang gembalaan mereka cerai-berai.”

17. Matius 19:8

“Kata Yesus kepada mereka: “Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kamu menceraikan isterimu, tetapi sejak semula tidaklah demikian.”

18. Matius 19:9

“Tetapi Aku berkata kepadamu: Barangsiapa menceraikan isterinya, kecuali karena zinah, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah“

19. Yohanes 11:52

“Dan bukan untuk bangsa itu saja, tetapi juga untuk mengumpulkan dan mempersatukan anak-anak Allah yang tercerai-berai.”

20. Markus 10:2

“Maka datanglah orang-orang Farisi, dan untuk mencobai Yesus mereka bertanya kepada-Nya: “Apakah seorang suami diperbolehkan menceraikan isterinya?”

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Selingkuh

21. Matius 19:6

“Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”

22. 1 Korintus 7:27

“Adakah engkau terikat pada seorang perempuan? Janganlah engkau mengusahakan perceraian! Adakah engkau tidak terikat pada seorang perempuan? Janganlah engkau mencari seorang!”

23. 1 Korintus 7:13

“Dan kalau ada seorang isteri bersuamikan seorang yang tidak beriman dan laki-laki itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah ia menceraikan laki-laki itu.”

24. Maleakhi 2:16

“Sebab Aku membenci perceraian, firman TUHAN, Allah Israel–juga orang yang menutupi pakaiannya dengan kekerasan, firman TUHAN semesta alam. Maka jagalah dirimu dan janganlah berkhianat!”

25. 1 Korintus 7:39

“Isteri terikat selama suaminya hidup. Kalau suaminya telah meninggal, ia bebas untuk kawin dengan siapa saja yang dikehendakinya, asal orang itu adalah seorang yang percaya.”

26. 1 Korintus 7:12

“Kepada orang-orang lain aki, bukan Tuhan, katakan: kalau ada seorang saudara beristerikan seorang yang tidak beriman dan perempuan itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah saudara itu menceraikan dia.”

27. 1 Korintus 7:13

“Adakah engkau terikat pada seorang perempuan? Janganlah engkau mengusahakan perceraian! Adakah engkau tidak terikat pada seorang perempuan? Janganlah engkau mencari seorang!”

28. 1 Korintus 7:14

“Karena suami yang tidak beriman itu dikuduskan oleh isterinya dan isteri yang tidak beriman itu dikuduskan oleh suaminya. Andaikara tidak demikian, niscaya anak-anakmu adalah anak cemar, tetapi mereka sekarang adalah anak-anak kudus.”

29. 1 Korintus 7:15

“Tetapi kalau orang yang tidak beriman itu mau bercerai, biarlah ia bercerai; dalam hal demikian saudara atau saudari tidak terikat. Tetapi Allah memanggil kamu untuk hidup dalam damai sejahtera.”

30. 1 Korintus 7:16

“Sebab bagaimanakah engkau mengetahui, hai isteri, apakah engkau tidak akan menyelamatkan suamimu? Atau bagaimanakah engkau mengetahui, hai suami, apakah engkau tidak akan menyelamatkan isterimu?”

31. Maleakhi 2:14

“Dan kamu bertanya: “Oleh sebab apa?” Oleh sebab Tuhan telah menjadi saksi antara engkau dan isteri masa mudamu yang kepadanya engkau telah tidak setia, padahal dialah teman sekutumu dan isteri seperjanjianmu.”

32. Maleakhi 2:15

“Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki kesatuan itu? Keturunan ilahi! Jadi jagalah dirimu! Dan janganlah orang tidak setia terhadap isteri dari masa mudanya.”

33. Roma 7:2

“Sebab seorang isteri terikat oleh hukum kepada suaminya selama suaminya itu hidup. Akan tetapi apabila suaminya itu mati, bebaslah ia dari hukum yang mengikatnya kepada suaminya itu.”

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Masa Lalu

Ayat Alkitab Tentang Perpisahan

ayat Alkitab tentang perpisahan
ayat Alkitab tentang perpisahan, sumber gambar: pexels.com

Dari perceraian yang terjadi, tentu tidak ada sisi positif yang dapat diambil. Solusi perceraian pun bukan menjadi anjuran di dalam Alkitab dan kristen. Hal ini harus dipahami oleh semua pasangan rumah tangga di seluruh dunia. Berikut ulasannya.

1. Kejadian 1:6

“Berfirmanlah Allah: “Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air.”

2. Kejadian 1:4

“Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap.”

3. Kejadian 1:7

“Maka Allah menjadikan cakrawala dan Ia memisahkan air yang ada di bawah cakrawala itu dari air yang ada di atasnya. Dan jadilah demikian.”

4. Kejadian 1:18

“Dan untuk menguasai siang dan malam, dan untuk memisahkan terang dari gelap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.”

5. Kejadian 13:11

“Sebab itu Lot memilih baginya seluruh Lembah Yordan itu, lalu ia berangkat ke sebelah timur dan mereka berpisah.”

6. Matius 25:32

“Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing.”

7. Bilangan 31:42

“Yang setengah lagi yang menjadi bagian orang Israel lain, yang dipisahkan Musa dari bagian orang-orang yang telah berperang itu,”

8. Yesaya 59:2

“Tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.”

9. Kejadian 1:14

“Berfirmanlah Allah: “Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun,”

10. 2 Raja-raja 2:11

“Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai.”

11. Yeremia 42:20

“Keempat sisinya m  diukur. Sekeliling lingkungan itu ada tembok: panjangnya lima ratus hasta dan lebarnya lima ratus hasta, untuk memisahkan yang kudus dari yang tidak kudus.”

12. Ulangan 32:8

“Ketika Sang Mahatinggi membagi-bagikan milik pusaka kepada bangsa-bangsa, ketika Ia memisah-misah anak-anak manusia, maka Ia menetapkan wilayah bangsa-bangsa menurut bilangan anak-anak Israel.”

13. Kejadian 13:9

“Bukankah seluruh negeri ini terbuka untuk engkau? Baiklah pisahkan dirimu dari padaku; jika engkau ke kiri, maka aku ke kanan, jika engkau ke kanan, maka aku ke kiri.”

14. Filemon 1:15

“Sebab mungkin karena itulah dia dipisahkan sejenak dari padamu, supaya engkau dapat menerimanya untuk selama-lamanya,”

15. Kejadian 13:14

“Setelah Lot berpisah dari pada Abram, berfirmanlah TUHAN kepada Abram: “Pandanglah sekelilingmu dan lihatlah dari tempat engkau berdiri itu ke timur dan barat, utara dan selatan,”

16. 2 Samuel 1:23

“Saul dan Yonatan, orang-orang yang dicintai dan yang ramah, dalam hidup dan matinya tidak terpisah. Mereka lebih cepat dari burung rajawali, mereka lebih kuat dari singa.”

17. Roma 9:3

“Bahkan, aku mau terkutuk dan terpisah dari Kristus demi saudara-saudaraku, kaum sebangsaku secara jasmani.”

18. Kisah Para Rasul 15:39

“Hal itu menimbulkan perselisihan yang tajam, sehingga mereka berpisah dan Barnabas membawa Markus juga sertanya berlayar ke Siprus.”

19. Keluaran 26:33

“Haruslah tabir itu kau gantungkan pada kaitan penyambung tenda itu dan haruslah kaubawa tabut hukum ke sana, ke belakang tabir itu, sehingga tabir itu menjadi pemisah bagimu antara tempat kudus dan tempat maha kudus.”

20. Hakim-hakim 4:11

“Adapun Heber, orang Keni itu, telah memisahkan diri dari suku Keni, dari anak-anak Hobab ipar Musa, dan telah berpindah-pindah memasang kemahnya sampai ke pohon tarbantin di Zaandam yang dekat Kedesh.”

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Kesetiaan Pada Pasangan

Itulah tadi beberapa ayat Alkitab tentang perceraian dalam Kristen yang menjelaskan mengenai perceraian menurut agama Kristen. Sebagai pengikut Tuhan Yesus, tentunya ada penjelasan khusus tentang perpisahan dalam hubungan suami istri tersebut.

Dengan banyaknya dampak negatif yang diperoleh setelah bercerai, dapat dijadikan sebagai pertimbangan ketika benar-benar memutuskan untuk melakukan perceraian. Bukan mendapatkan pahala justru memperoleh dosa setelahnya.

Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

error: Konten dilindungi !!