7 Doa Valentine Kristen, Doakan Orang Terkasih di Hari Kasih Sayang

Kristenly.com – Valentine atau hari kasih sayang adalah hari yang paling ditunggu bagi orang-orang yang memiliki pasangan. Pada hari ini, banyak orang berusaha untuk menyenangkan pasangan, baik dengan hadiah maupun dengan doa Kristen saat valentine terbaru 2022.

Namun, apakah valentine hanya boleh dirayakan oleh mereka yang sudah memiliki pasangan saja? Tentu tidak demikian. Semarak hari kasih sayang bisa tetap dirasakan dan dirayakan oleh siapa saja. Sebab cinta adalah kata kerja yang universal. Siapapun bisa ikut berbagi kasih sayang, bukan hanya terbatas kepada pasangan, tetapi juga bisa kepada orang tua hingga kepada orang yang belum dikenal sekalipun.

Kasih sayang tidak harus direduksi hanya sebagai cinta eros saja, tetapi kasih sayang yang memang bermakna luas. Kasih untuk semua orang, bahkan kasih untuk semua makhluk hidup. Dengan demikian, hari valentine akan terasa lebih berkesan dan tidak lagi terasa segmentasinya. Semua bisa merayakan dengan gembira.

Baca juga: Renungan Kristen Tentang Valentine Terbaik 2022

Contoh Doa Kristen Saat Valentine Terbaru 2022

ilustrasi cokelat valentine
ilustrasi cokelat valentine, sumber gambar: pexels.com

Sebagai peringatan akan hari kasih sayang, Hari Valentine jatuh pada tanggal 14 Februari setiap tahunnya. Coklat dan kata-kata cinta ternyata memang banyak diutarakan oleh penduduk di seluruh dunia. Namun, sudahkah mengungkapkan cinta kepada Sang Pemilik Kehidupan?

1. Doa Valentine Agar Diberkati

Tuhan Yesus, terima kasih atas nafas kehidupan yang masih Engkau berikan sampai hari ini. Secara khusus kami mau berdoa untuk Hari Valentine sebagai penanda akan peringatan kasih sayang. Kami mengucap syukur karena mampu mencintai dan dicintai.

Berkati setiap orang yang kami kasihi di dalam kehidupannya. Biarlah mereka mampu menjadi pribadi yang senantiasa meneladan cintaMu bagi dunia. Melalui kebiasaan dan perhatian kecil yang positif, Engkau gerakkan hati mereka.

Biarlah simbol cinta kasih Yesus Kristus tetap menyala di dalam hati setiap jiwa. Demi dunia yang damai sejahtera bersama pancaran kasihMu. Amin.

2. Doa Valentine Untuk Bahan Renungan

Melalui Hari Valentine ini, kami mau berdoa kepada Kristus sebagai sumber dan pembawa cinta yang abadi. Kiranya kasihMu selalu ada di dalam hati dan pikiran kami sebagai alat untuk menyaksikan pengorbanan Yesus bagi umat di dunia.

Bantu kami untuk selalu mengingat betapa besar pengorbanan yang terbalut dalam besarnya kasih sayang pembebasan dari belenggu. Berikan kami kesempatan untuk memaknai arti kedamaian karena cinta yang Engkau berikan.

Yesus telah mati dan bangkit demi anak-anakNya. Penuhkanlah sukacita kami akan kebesaranMu yang menyelamatkan jiwa-jiwa kehidupan. Amin.

3. Doa Versi Singkat

Ya Tuhan, terima kasih atas adanya Hari Valentine ini. Kiranya hari ini menjadi sebuah momen peringatan khusus untuk memaknai arti pengorbananMu. Allah sendiri telah mencintai kami sebagaimana mengutus PutraNya yang Tunggal untuk mencurahkan cintaNya.

Terima kasih untuk segala kasihMu di dalam kehidupan kami, Ya Bapa. Engkau adalah Damai dan Terang bagi seluruh rasa cinta yang ada di tengah manusia. Amin.

Ketika merayakan hari kasih sayang, maka akan terasa lebih lengkap jika juga disertai dengan menaikkan doa. Sebab, Tuhan adalah sumber dari segala kasih. Dia seharusnya menjadi alasan kita saat mencintai pihak lain. Dengan mencintai Tuhan terlebih dahulu, maka kita bisa mencintai orang lain dengan lebih baik.

Baca juga: 5 Ayat Alkitab Tentang Valentine Day Untuk Umat Kristiani

4. Doa Valentine Untuk Kekasih Hati dan Pasangan

Tuhan, terima kasih. Di sisiku sudah ada pasangan yang seimbang untukku. Bersamanya, semua hal berat menjadi ringan untuk dikerjakan. Terima kasih, Tuhan, karena Engkau memberikan kami kesempatan untuk bisa selalu saling menguatkan dan mengasihi. Bahkan lewat pertengkaran pun, semuanya mendewasakan.

Berkatilah hari-hari kebersamaan kami ke depan. Biarlah hubungan kami ini kudus di hadapanMu. Izinkan kami untuk terus bersama dan merajut hari yang lebih indah lagi di masa depan.

5. Doa Valentine Untuk Orang Tua

Yesus Kristus yang Terkasih. Terima kasih untuk orang tua yang Engkau pilihkan untuk kami. Orang tua yang tidak sempurna, tetapi yang terbaik yang kami miliki. Berikanlah kiranya kesehatan dan umur panjang untuk mereka. Berkati setiap hari dalam kehidupan mereka.

Berkati pula kami, agar kami bisa memberikan waktu dan juga perhatian lebih banyak lagi di masa datang. Ajari kami menjadi anak yang berbakti dan membahagiakan mereka. 

6. Doa Valentine Untuk Sahabat

Tuhan, terima kasih untuk seorang sahabat yang lebih karib daripada saudara. Terima kasih untuk seorang sahabat yang mau menegur dan mengasihi di saat yang sama. Ajari kami untuk bisa terus saling membangun satu sama lain. Jika nanti, di masa datang, kami berselisih paham, ingatkan kami akan hari saat kami selalu saling berbagi dan menguatkan.

Berkati kehidupan kami masing-masing. Bahkan jika kami berjauhan, kami tahu, Engkau yang merawat persahabatan kami dan memperhatikan kami senantiasa.

7. Doa Kristen Saat Valentine Untuk Diri Sendiri

Banyak orang berusaha untuk menyenangkan orang lain ketika hari kasih sayang tiba, namun sedikit yang berpikir untuk menyenangkan dirinya sendiri. Ketika kita bisa mencintai diri kita secara utuh, maka kita juga bisa mencintai orang lain dengan porsi yang benar.

Bapa yang Maha Pemurah dan Penyayang, di hari kasih sayang ini, izinkan hambaMu ini menaikkan doa untuk diri sendiri. Terkadang, hambaMu lupa, bahwa tubuh yang Engkau berikan ini adalah yang terbaik. Terima kasih, karena memberikan sosok diri yang tangguh, yang mampu bertahan di kala situasi sulit.

Tuhan, ajarkan anakMu ini untuk bisa menerima kekurangan dan kelebihan diri dengan sepenuh-penuhnya. Ajarkan anakMu untuk menjadi manusia yang utuh dan bahagia dengan dirinya, sebelum siap untuk membagi cinta dengan orang lain. Terima kasih diriku, untuk menjadi kuat dan berusaha menjadi lebih baik hari demi hari.

Baca juga: 6 Renungan Kristen Tentang Pasangan Hidup dan Jodoh

Kita memang bisa merayakan kasih sayang setiap hari, namun momen hari Valentine memang memiliki nuansa yang berbeda. Tidak ada salahnya untuk memberikan coklat, baju, atau hadiah lain kepada pasangan, orang tua maupun kepada teman biasa, namun kiranya semua diberikan dengan porsi yang secukupnya.

Doa Kristen saat valentine terbaru 2022 juga tidak boleh lupa untuk dinaikkan. Sebab, doa merupakan bentuk komunikasi dan juga ucapan syukur karena kita bisa merayakan hari penuh kasih bersama dengan orang-orang yang juga mengasihi kita. 

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!