23 Ayat Alkitab Tentang Kerajaan Allah yang Wajib Kristiani Ketahui

Kristenly.com – Ungkapan Kerajaan Tuhan, Kerajaan Surga hingga Kerajaan Cahaya muncul dalam Perjanjian Baru lebih dari 80 kali. Hal ini sebagian besar terdapat dalam Matius, Lukas dan Markus. Sementara istilah yang tepat masih belum ditemukan di Perjanjian Lama.

Kerajaan Allah bisa diringkas sebagai alam abadi yang ditujukan kepada umat Kristiani. Kerajaan Tuhan pun disebutkan cukup banyak di Alkitab sehingga banyak ayat Alkitab tentang Kerajaan Allah perlu dipahami oleh umat Kristiani. Selain itu, di dalamnya akan membahas ajaran Yesus bagi seluruh umat manusia.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Kemerdekaan Sejati

Ayat Alkitab Tentang Kerajaan Allah

ilustrasi alkitab membahas kerajaan allah
ilustrasi alkitab membahas kerajaan allah, sumber gambar: pexels.com

Berikut ini beberapa ayat Alkitab tentang Kerajaan Allah yang perlu Anda pahami sebagai umat Kristiani. Ada banyak istilah penyebutannya namun memiliki arti sama seperti Kerajaan Cahaya dan Kerajaan Surga. Namun sebenarnya artinya pun sama yakni menggambarkan tentang kekuasaan Allah saat sedang berkuasa secara pemerintah berdaulat.

Zakharia 14:9

Maka TUHAN akan menjadi Raja atas seluruh bumi; pada waktu itu TUHAN adalah satu-satunya dan nama-Nya satu-satunya.

Yohanes 3:5

Jawab yesus: ”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.

Yohanes 3:3

yesus menjawab, kata-Nya: ”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.”

Yesaya 52:7

Betapa indahnya kelihatan dari puncak bukit-bukit kedatangan pembawa berita, yang mengabarkan berita damai dan memberitakan kabar baik, yang mengabarkan berita selamat dan berkata kepada Sion: ”Allahmu itu Raja!”

Yesaya 33:22

Sebab TUHAN ialah Hakim kita, TUHAN ialah yang memberi hukum bagi kita; TUHAN ialah Raja kita, Dia akan menyelamatkan kita.

Wahyu 20:6

Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya.

Mazmur 24:10

”Siapakah Dia itu Raja Kemuliaan?” ”TUHAN semesta alam, Dialah Raja Kemuliaan!” Sela

Matius 7:21

Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

Matius 6:9-10

Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.

Matius 6:33

Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Matius 5:19

Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

Matius 5:10

Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.

Matius 4:17

Sejak waktu itulah yesus memberitakan: ”Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!”

Matius 19:14

Tetapi yesus berkata: ”Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga.”

Matius 16:19

Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.”

Markus 1:15

kata-Nya: ”Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!”

Lukas 12:32

Janganlah takut, hai kamu kawanan kecil! Karena Bapamu telah berkenan memberikan kamu Kerajaan itu.

Lukas 10:9

dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu.

Efesus 2:19-20

Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus yesus sebagai batu penjuru.

2 Petrus 1:10-11

Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung. Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki Kerajaan kekal, yaitu Kerajaan Tuhan dan Juruselamat kita, yesus Kristus.

1 Timotius 1:17

Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, yang esa! Amin.

1 Tawarikh 29:11

Ya TUHAN, punya-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyhuran dan keagungan, ya, segala-galanya yang ada di langit dan di bumi! Ya TUHAN, punya-Mulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepala.

1 Korintus 6:9-10

Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit, pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

Baca juga:


Itulah tadi beberapa ayat Alkitab tentang Kerajaan Allah yang menunjukkan kekuasaan Allah sangatlah besar, maka dari itu sebagai umat Kristiani pun perlu mempercayai kebesaranNya agar senantiasa diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalani kehidupan.

Mengingat bahwa dalam hidup ini ada banyak sekali rintangan dan cobaan, maka dari itu sebagai umat Kristiani harus senantiasa mengandalkan Tuhan pada segala kondisi. Percayalah bahwa semua masalah akan senantiasa dimudahkan.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!