7 Doa Kristen Untuk Hari Kemerdekaan Indonesia 2022

Doa Kristen Untuk Hari Kemerdekaan terbaru 2022 – Bangsa Indonesia sudah boleh merasakan anugerah Tuhan lewat kemerdekaan negaranya sampai saat ini, sudah lebih dari 70 tahun setiap rakyat boleh merasakan kebebasan dan hak dalam memenuhi segala kebutuhannya.

Hari kemerdekaan merupakan momentum penting dalam sejarah Bangsa Indonesia, bagaimana setiap pribadi dan golongan mau bersatu padu untuk melawan tindak penjajahan menjadi sebuah kemerdekaan.

Biasanya anak-anak Tuhan juga turut merayakan hari besar ini dalam bentuk ibadah dan doa ucapan syukur, kita berkumpul dan bersatu hati untuk mendoakan kemajuan serta kelimpahan bagi Negara Indonesia.

Kemerdekaan bukan semata-mata kekuatan dari sebuah bangsa saja, melainkan ada campur tangan Tuhan dalam segala prosesnya. Kita harus bersyukur kepadaNya.

Baca juga: 4 Renungan Kristen Tentang Kemerdekaan Indonesia

Contoh Doa Kristen Untuk Hari Kemerdekaan

ilustrasi hari kemerdekaan Indonesia
ilustrasi hari kemerdekaan Indonesia, sumber gambar: pexels.com

Kemerdekaan sebuah bangsa merupakan bentuk penyertaan Tuhan bagi setiap manusia. Peringatan Hari Kemerdekaan di Indonesia menjadi ajang paling penting untuk mengucapkan syukur untuk segala hal yang sudah terjadi, begitu pula sebagai umat Kristiani yang memahami arti dari kebesaran Kristus di dunia.

Supaya kehidupan berbangsa dan bernegara semakin sejahtera, setiap rakyat perlu mendoakan tanah airnya sendiri. Berikut referensi doa yang bisa dinaikkan ketika memasuki peringatan hari kemerdekaan Indonesia.

1. Doa Kemerdekaan RI Terbaru 2022

Ya Tuhan yang bertahta dalam Kerajaan Surga, secara khusus hari ini kami menghadap ke hadiratMu. Terima kasih atas karuniaMu dan kebaikan tiada henti hingga kami bisa merasakan sukacita penuh dalam perayaan kemerdekaan Republik Indonesia.

Kami bisa berdiri dan berada di dalam Tanah Air hanya karena anugerahMu. Berkatilah kemerdekaan ini supaya senantiasa bertahan sepanjang waktu. Tuhan juga tuntun setiap kami supaya mampu menjunjung tinggi rasa nasionalisme demi mempertahankan negara ini.

Limpahkan rahmatMu kepada setiap pribadi yang sudah rela berjuang membela segala proses perolehan kemerdekaan bagi kebebasan negeri kami. Terima kasih Tuhan Yesus. Hanya didalam namaMu kami berdoa dan bersyukur. Amin.

2. Doa Untuk Indonesia Saat Ini

Allah kami yang baik dan Sahabat paling setia, terima kasih atas sukacita yang boleh kami terima karena hari jadi kemerdekaan Indonesia. Kami bersyukur masih bisa merasakan kebebasan akan hak dan kewajiban di negeri tercinta ini.

Bapa, di hari yang besar ini kami mau merenungkan segala kebaikanMu bagi setiap pribadi di Indonesia. Kami telah mengenangkan hal-hal menyenangkan dari damai sejahtera. Kiranya situasi dan kondisi penuh cinta kasih ini Engkau berkati setiap saat.

Tuntunlah bangsa ini untuk senantiasa menjadi garam dan terang. Kiranya setiap jajaran pemerintah dan rakyat senantiasa bersinergi melawan perpecahan yang mengancam keutuhan Indonesia. Terima kasih Allah kami. Dalam nama Yesus Kristus kami sudah berdoa. Amin.

3. Doa Kristen Untuk Kemerdekaan Indonesia

Ya Tuhan, terima kasih atas datangnya hari ini. Kami masih merasakan sukacita dan damai sejahtera untuk memperingati hari kemerdekaan banga tercinta, Bangsa Indonesia. Terima kasih atas berkat merdeka dengan perantara pendahulu kami.

Berkatilah setiap pemimpin Indonesia, rakyatnya, dan segala rencana demi kesejahteraan. Biarlah negara kami tetap berlandaskan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Semuanya saling melengkapi dan mendukung kelangsungan kebangsaan ini.

Alangkah baik dan indahnya jika Bangsa Indonesia mau bersatu padu dalam mempertahankan kemerdekaan anugerah Bapa. Jauhkanlah upaya perpecahan dan perlawanan dari luar maupun dalam negeri. Kami hapuskan segala roh kegelapan hanya dalam nama Yesus Kristus.

Pakailah kami semua menjadi alat kemuliaanMu dimanapun kami berada. Hanya dalam namaMu kami telah berdoa dan mengucap syukur. Amin.

4. Doa Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Supaya kehidupan berbangsa dan bernegara semakin sejahtera, setiap rakyat perlu mendoakan tanah airnya sendiri. Berikut referensi doa yang bisa dinaikkan ketika memasuki peringatan hari kemerdekaan Indonesia.

Ya Bapa yang baik, kami senantiasa berbangga karena telah mengingat hari ini sebagai bentuk dari kemenangan bangsaMu. Kami bersukacita mengakui diri sebagai bangsa merdeka. Untuk itu, kami mau bersyukur kepadaMu dan senantiasa memohon yang terbaik bagi semuanya.

Kiranya kemerdekaan ini mampu bertahan sepanjang waktu. Terima kasih Tuhan Yesus. Amin.

Baca juga: 20+ Doa Kristen Untuk Bangsa dan Negara Indonesia

5. Doa Kristen Untuk Merayakan Kemerdekaan

Bapa Surgawi, kami sungguh berterima kasih atas segenap pemeliharaanMu dari tahun ke tahun untuk negara kami tercinta, Indonesia. Pada hari ini kami secara khusus memaknai kembali dan merayakan kemerdekaannya.

Kami mohon, berkatilah para pemimpin dan seluruh rakyat yang bernaung di Indonesia. Tuntun setiap rencana yang ingin direalisasikan bangsa ini dalam memajukan kesejahteraan setiap pribadinya. Kiranya semakin hari, bangsa ini semakin paham pentingnya kebersamaan yang kuat dalam perbedaan.

Jauhkan kami dari segala pencobaan dan bahaya yang ingin mengganggu keberlangsungan kehidupan bangsa Indonesia. Kami yakin dan percaya bahwa Tuhan senantiasa mendengar permohonan kami. Tuntun anak-anakMu dalam setiap langkah kebangsaan yang mulia. Terima kasih Bapa. Amin.

6. Doa Peringatan Kemerdekaan Indonesia

Ya Bapa, Tuhan yang Mahabaik sahabat kami semua, terima kasih atas anugerah kemerdekaan yang telah Engkau limpahkan kepada bangsa Indonesia. Sampai hari ini, umatMu telah diberikan kesempatan untuk merasakan kasih setia Bapa lewat peringatan kemerdekaan.

Kiranya lewat kemerdekaan ini, bangsa Indonesia mampu merefleksikannya sebagai ucapan syukur kepada Sang Pencipta. Setiap perjuangan dari pendahulu senantiasa memberikan kobaran semangat untuk mempertahankan hak kemerdekaan yang ada.

Kami ingin menjadi garam dan terang yang mampu membawa nama bangsa ini menjadi sebuah teladan di dunia. Tuntun dan berkati Negara Indonesia ini, Ya Yesus Kristus. Amin.

7. Doa Untuk Kemerdekaan Singkat

Allah Bapa kami yang ada di dalam Surga, terima kasih atas berkatMu atas kehidupan umat manusia di Tanah Air tercinta. Banyak hal boleh memerdekakan kami. Rasa syukur tidak pernah berhenti mengalir hanya untuk Engkau.

Kiranya kemerdekaan ini merupakan kehendak Allah yang sejati dan mampu diturunkan hingga generasi-generasi kekal berikutnya. Terima kasih, Ya Tuhan. Amin.

Baca juga: 4 Ayat Alkitab Tentang Demokrasi Menurut Iman Kristen

Bangsa Indonesia telah merasakan anugerah Tuhan lewat kemerdekaan sejak tahun 1945 silam. Momen ini pun harus dimaknai dengan banyak hal positif, selain itu hal ini juga menjadi cara bagi warga NKRI untuk menghargai jasa para pahlawan.

Anda pun bisa membaca doa Kristen untuk hari kemerdekaan Indonesia terbaru 2022 di tahun mendatang, harapannya agar senantiasa diberikan keselamatan dan keamanan bagi semua warga Indonesia dari bahaya dan bencana alam.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!