10+ Contoh Tata Ibadah Natal/ Liturgi Natal 2022 Lengkap (Pdf + Docx)

Contoh Liturgi Natal – Pada saat bulan Desember hadir, semua umat Kristiani akan sibuk untuk mempersiapkan natal. Persiapannya pun banyak mulai dari dekorasi ulang rumah, menyusun pohon natal, membuat berbagai hidangan dan camilan khas natal sampai menyiapkan kado khusus orang-orang tersayang.

Namun satu hal sangat penting adalah mempersiapkan untuk beribadah di gereja sebagai salah satu kewajiban bagi umat Kristiani pada saat memperingatinya. Tata cara perayaan natal seperti ini sebenarnya menjadi hal standar namun di dalamnya telah dirangkai dengan berbagai suguhan lain.

Ada banyak suguhan yang menarik selama perayaan natal mulai dari paduan suara, drama musikal hingga permainan pencahayaan. Tentu saja hal seperti ini membuat peringatan setahun sekali tersebut terasa sangat menarik, tidak heran jika selalu dinantikan oleh seluruh umat Kristiani.

Contoh tata ibadah natal atau liturgi natal memang bisa beragam sesuai dengan aturan masing-masing umat Kristiani yang menjalankannya. Untuk itu, Anda dapat menyesuaikannya asalkan tetap mengikuti Alkitab sebagai sumber utamanya.

LINK DOWNLOAD ADA DIBAWAH

Baca Juga: Contoh Susunan Acara Natal yang Baik dan Benar

Tata Ibadah Perayaan Natal Umum

tata ibadah perayaan natal umum
tata ibadah perayaan natal umum, sumber gambar: pexels.com

Berikut ini adalah pelaksanaan liturgi ibadah natal untuk kebaktian umum. Beberapa bagian mungkin tidak sama untuk semua gereja dan urutannya bisa diatur sesuai dengan kondisi dan juga kebiasaan gereja tersebut.

1. Pra Ibadah

Sesuai namanya, prosesi ini merupakan persiapan sebelum masuk ke dalam ibadah inti. Biasanya berupa pujian dan juga penyembahan yang dibawakan oleh satu orang pelayan Tuhan. Namun, tidak semua gereja menggunakan susunan pembuka berupa pra ibadah semacam ini.

Bagi gereja yang tidak menggunakan susunan dengan pra ibadah, biasanya sudah melakukan ibadah persiapan sendiri. Namun, biasanya hanya diikuti oleh para pelayan Tuhan yang bertugas pada jam ibadah tersebut.

2. Pujian Penyembahan

Sebelum diadakan pujian dan penyembahan biasanya diawali dengan doa pembukaan terlebih dahulu yang dibawakan oleh pemimpin pujian. Urutan untuk lagu yang dibawakan biasanya tergantung kebijakan tiap gereja dan juga pilihan lagu dari pemimpin pujian. Namun, umumnya adalah lagu dengan irama lambat terlebih dahulu, doa, kemudian dua hingga tiga lagu cepat dan diakhiri dengan lagu bertempo lambat untuk masuk ke sesi selanjutnya.

3. Perayaan Natal

Setiap tahun, tema ibadah natal juga berbeda. Maka isi dari perayaan juga menyesuaikan tema yang akan diangkat. Untuk perayaan natal biasa diisi dengan drama, persembahan pujian, kesaksian maupun bentuk pertunjukan lainnya yang dipadukan dengan permainan lampu dan sound system yang bagus. 

Ada gereja yang melakukan penyalaan lilin di saat acara inti perayaan natal ada pula yang melakukannya setelah firman Tuhan dibawakan. Hal ini memang bukan merupakan urutan standar, jadi bisa dimasukkan ke dalam urutan mana saja tergantung dari penyusun acara.

4. Firman

Firman Tuhan dibawakan oleh gembala sidang maupun oleh pendeta tamu yang sudah dijadwalkan sebelumnya. Isi Firman Tuhan tentu tergantung dari tuntunan Roh Kudus yang diselaraskan dengan tema tahunan dari PGI.

5. Pujian Penyembahan

Selesai Firman disampaikan, pelayan mimbar dan pemimpin pujian akan masuk kembali ke altar dan memimpin jemaat untuk menyanyikan pujian kembali. 

5. Doa Penutup

Rangkaian acara ibadah perayaan natal diakhiri dengan doa penutup yang biasanya dibawakan oleh gembala sidang maupun oleh pendeta tamu yang membawakan Firman. Setelahnya jemaat diperbolehkan untuk pulang.

Umumnya, sesaat sebelum pulang, ada petugas yang akan membagikan kenang-kenangan natal. Cinderamata ini bisa beragam bentuknya, tergantung kebijakan gereja. Namun biasanya bentuk cinderamata tersebut adalah kalender, tote bag maupun ayat Firman Tuhan.

Baca Juga: Renungan Kristen Saat Hari Raya Natal

Contoh Liturgi Natal Sekolah Minggu 2022

tata ibadah perayaan natal sekolah minggu
tata ibadah perayaan natal sekolah minggu, sumber gambar: pexels.com

Sebenarnya urutan perayaan natal untuk sekolah minggu maupun umum tidak jauh berbeda. Hanya saja, ada beberapa hal yang harus disesuaikan karena jemaat anak-anak yang tentunya punya preferensi berbeda.

Untuk pujian penyembahan dilakukan dengan singkat dan menggunakan lagu khas sekolah minggu. Kemudian biasanya firman juga disampaikan dalam bentuk drama maupun panggung boneka. Setelah ibadah selesai, anak-anak sekolah minggu mendapatkan bingkisan dengan isi yang beragam.

Merayakan ibadah natal adalah keistimewaan yang bisa dirasakan oleh umat Kristen setiap tahunnya. Tidak masalah ketika perayaan dilaksanakan dalam bentuk sederhana maupun mewah dan dengan tata ibadah perayaan natal yang beragam. Sebab, hal yang terpenting dari perayaan adalah esensi dari natal itu sendiri.

Natal adalah kelahiran Yesus Kristus, Juru Selamat umat manusia. Maka, setiap perayaan harus mengedepankan ucapan syukur atas lahirnya Yesus di dunia ini. Natal adalah tentang damai sejahtera, rasa syukur dan juga pujian penyembahan yang terbaik untuk Tuhan Semesta Alam.

Selain diatas, berikut ini adalah contoh liturgi natal sekolah minggu terbaru 2022 yang kreatif untuk pemuda dan remaja.

Versi 1 (Tata Ibadah Natal Sekolah Oekumene)

Versi 2 (Liturgi Natal Anak Sekolah Minggu Tampan)

Versi 3 (Liturgi Natal Sekolah Minggu HKBP Solo)

Baca Juga: Contoh Kata Sambutan Pidato Natal

Download Tata Ibadah Perayaan Natal Pdf dan Ms. Word

download tata ibadah perayaan natal pdf dan ms office
download tata ibadah perayaan natal pdf dan ms office, sumber gambar: pexels.com

Bagi Anda yang sedang merayakan momen natal tahun ini, berikut ini contoh link download tata ibadah perayaan natal PDF dan Ms Word yang dapat di download gratis.

Jangan lupa untuk selalu mengutamakan ibadah di gereja terlebih dahulu sebelum bersenang-senang menikmati momen perayaan bersama anggota keluarga dan teman-teman yang lain.

Download Tata Ibadah Perayaan Natal Ms Word

Anda bisa download tata ibadah perayaan natal Ms Word berikut ini sebagai referensi ketika hendak merayakannya, mengingat bahwa momen ini hanya dirayakan setiap setahun sekali sehingga harus diperingati dengan begitu meriah.

Selain itu, pastikan untuk menyiapkannya jauh-jauh hari sebelumnya. Mengingat bahwa ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar berbeda dari tahun lalu.

Download Tata Ibadah Perayaan Natal Pdf

Anda bisa download liturgi natal PDF untuk menjadikannya sebagai referensi sebelum membuat acaranya. Pastikan agar momen ini berjalan dengan khidmat, khusyuk dan tentunya menggembirakan bagi seluruh umat Kristiani yang hadir.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengutamakan beribadah kepada Tuhan Yesus terlebih dahulu agar senantiasa ingat padaNya.

Versi 1 (Tata Ibadah dan Pesan Natal GKPO Halim Perdanakusuma)

Versi 2 (Tata Ibadah Perayaan Natal Oikumene)

Versi 3 (Tata Ibadah Perayaan Natal Jemaat – GPIB Bethesd)

Versi 4 (Liturgi Natal Jemaat GPIB GIBEON Jakarta)

Versi 5 (Tata Ibadah Perayaan Natal GPIB Jemaat Galilea Cilacap)

Versi 6 (Tata Ibadah Natal Jemaat GIBEON Depok)

Baca Juga: Doa Kristen untuk Sambut Hari Natal

Itulah tadi beberapa contoh tata ibadah natal/ liturgi natal yang bisa Anda ikuti. Ada banyak suguhan dan kegiatan yang bisa dilakukan selama merayakan ibadah natal tersebut, dengan begitu seluruh umat Kristiani dapat menikmatinya bersama-sama sekaligus mengucap pujian dan syukur kepada Tuhan Yesus Kristus.

Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

error: Konten dilindungi !!